Posted by : Unknown Monday, September 9, 2013

Tanya:

 

Jika saya seorang ibu rumah tangga dengan 2 anak tanpa latar belakang finansial, ingin belajar hal-hal yang berkaitan dengan keuangan supaya bisa melek finansial, apakah ada pelatihan khusus non profesi di Bandung?

Terima kasih atas jawaban pengasuh kolom konsultasi keuangan PR.

 


Ibu Suci - Bandung

 

Jawab:


Halo Ibu Suci, terima kasih atas pertanyaan Anda. Terus terang, kami mendapatkan beberapa email dan twit yang isinya mirip dengan pertanyaan Ibu Suci, dan kami dengan senang hati akan menjawabnya sebagai perwakilan dari pertanyaan yang sudah masuk ke redaksi.


Pada saat ini Primoney sudah meluncurkan sebuah program pelatihan non profesi yang diberi nama personal money manager. Program ini memang ditujukan bagi ibu rumah tangga, mahasiswa dan pengusaha UMKM yang ingin belajar tentang keuangan dan menjadi melek finansial.


Pelatihan ini hanya berlangsung dua hari dengan pengajar dari IARFC Jakarta yaitu Bpk Aidil Akbar Madjid, yang sudah mengisi tayangan tentang keuangan di sebuah stasiun televisi swasta.


Yang diajarkan di dalam kelas 2 hari tersebut antara lain, di hari pertama kita diajarkan tentang: apa dan mengapa saya perlu merencanakan keuangan pribadi? Belajar mengisi data aset dan liabilitas pribadi, utang dan cashflow bulanan. Belajar menghitung dan mengelola utang dan menghitung dana darurat. Pengenalan asuransi dan menghitung kebutuhan asuransi pribadi.


Bisa Anda bayangkan bahwa 95% dari penduduk Bandung tidak pernah berpikir untuk memiliki dana darurat, bahna tidak memiliki asuransi yang benar untuk memproteksi dirinya dan keluarganya.

Mungkin di antara kita ada juga yang memiliki asuransi, tapi asuransi itu malah membebani cashflow bulanan karena dari awal sudah salah tempat. Kita akan diajarkan bagaimana meninjau ulang polis kita dan mendapatkan solusi yang tepat untuk proteksi.


Hari kedua, kita akan diajarkan pengenalan time value of money, yaitu melek finansial bahwa nilai uang kita sekarang sudah pasti lebih tinggi daripada nilai uang yang sama 10 tahun lagi, dan bagaimana cara mengelolanya.

Setelah itu Bapak Aidil Akbar juga akan mengajarkan cara membuat perencanaan keuangan keluarga yang sederhana namun efektif karena sudah memiliki komponen penting seperti yang sudah disebutkan di atas, yaitu: pengelolaan aset, liabilitas, utang, dana darurat, asuransi dan nilai uang pada saat ini.


Kelas akan ditutup dengan kesimpulan atas pelatihan personal money manager, dan diharapkan setelah itu kita dapat memulai perencanaan keuangan sederhana untuk pribadi.


Memang sebaiknya seorang ibu rumah tangga sudah melek finansial sejak anak pertama lahir, karena jika diukur time value of money dari biaya pendidikan masuk kuliah pada tahun 2013 dan 17 tahun lagi, angkanya bisa membengkak menjadi 6 milyar rupiah hanya untuk membayar uang pangkal perkuliahan.


Bisa Anda bayangkan jika kita tidak siap dengan rencana keuangan yang baik dan proteksi yang benar, maka kita mungkin gagal mencapai tujuan finansial kita, seperti kata pepatah, if you fail to plan, you plan to fail.


Jika ada pertanyaan lanjutan silakan hubungi kami kembali lewat email redaksi atau email pimpim@primoney.biz.


Salam finansial, dan sukses untuk Ibu Suci!


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Primoney Financial Planner Bandung -