Posted by : Unknown Friday, July 19, 2013

tanya:

Selamat pagi, saya warga Cimahi yang ingin bertanya tentang manfaat dari menggunakan financial planner. Selama ini saya mengatur keuangan saya sendiri, dan saat ini saya merasa kondisi keuangan saya makin sulit dikendalikan akibat naiknya harga bahan bakar minyak.
Terima kasih atas jawaban bapak dan ibu pengurus kolom konsultasi keuangan PR.

Wawan Purwanto

Jawab:

Selamat pagi juga Pak Wawan, dan terima kasih atas pertanyaan Anda. Kondisi keuangan yang dialami Pak Wawan adalah contoh dari sebagian besar warga masyarakat di Indonesia.

Ada beberapa poin penting sebagai alasan mengapa orang membutuhkan perencana keuangan independen, kami uraikan sebagai berikut:

1. Alasan pertama adalah manajemen waktu.
Setiap orang memiliki kehidupan keuangan yang kompleks, namun tidak memiliki waktu, manajemen yang baik, disiplin dan obyektivitas untuk menempatkan perencanaan keuangan mereka menurut skala prioritas. Problematika seperti ini bisa diselesaikan lewat perencanaan keuangan yang terpadu, mulai dari identifikasi rencana hidup, rekomendasi strategi finansial dan pencapaian target keuangan yang sudah direncanakan sesuai waktu.

2. Alasan kedua adalah berumahtangga dan memiliki anak.
Menggabungkan dua neraca keuangan yang dulunya terpisah (masing-masing) dari pasangan hidup bisa menimbulkan masalah yang ruwet. Peran perencana keuangan di sini adalah untuk menangani masalah yang muncul seperti asuransi, sertifikasi aset dan pendelegasian tugas pengelolaan keuangan.

3. Alasan ketiga adalah perceraian.
Perceraian pasti menimbulkan perseteruan tentang pembagian harta, dan tidak selamanya satu pihak setuju dengan keinginan pihak lain di dalam membagi adil harta bersama tersebut. Financial planner  bisa menjadi penengah, dan meninjau dari sudut pandang yang rasional tentang pembagian harta bersama tersebut sehingga kedua belah pihak merasa puas dengan keputusan tersebut.

4. Alasan keempat adalah status orang kaya baru.
Seseorang yang mendapat warisan dan kaya mendadak biasanya membuat keputusan investasi yang salah karena dipenuhi dengan emosi, bahkan kerabat dan penjual produk investasi tiba-tiba menjadi sahabat dekat yang ingin menikmati limpahan harta orang kaya baru.
Kondisi OKB yang berasal dari warisan sering melibatkan masalah emosional dan konflik keluarga, sehingga perlu financial planner untuk menjadi mediator yang terbaik agar bisa menyelamatkan aset untuk masa depan.

5. Alasan kelima adalah perencanaan untuk masa pensiun.
Keputusan investasi biasanya merupakan komponen penting dalam perencanaan pensiun. Tetapi yang sering diabaikan adalah kapan saat terbaik untuk menarik dana dari simpanan ketika Anda pensiun, dan khususnya gaya hidup apa yang ingin Anda jalankan pada masa pensiun.
Financial planner dapat membantu Anda memperjelaskan visi pensiun Anda, kemudian merancang rencana untuk mencapai visi tersebut.

6. Alasan keenam adalah pendanaan untuk kuliah.
Dari mana asal dana kuliah anak kita nanti? Sedangkan biaya pendidikan naik rata-rata 25% per tahun. Bagaimana dengan dana pensiun? Perencana keuangan dapat membantu Anda memberikan solusi terbaik yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda dan cita-cita pendidikan anak, tanpa membebani biaya hidup hari ini.

7. Alasan ketujuh adalah menghadapi krisis keuangan.
Kehilangan pekerjaan, penyakit serius, masalah hukum atau bencana alam akan semakin menguatkan perlunya seorang Penasehat Keuangan.

8. Alasan kedelapan adalah konsultasi karir.
Financial planner dapat memberikan saran tentang konsekuensi keuangan dari perubahan karir Anda, pesangon atau pemisahan paket, opsi saham dan rencana pensiun seperti dana pensiun yang ditangguhkan dan lain-lain.

9. Alasan kesembilan adalah menjalankan bisnis
Walaupun jarang terjadi, lembaga independent financial planner dapat membantu setiap langkah, dari membeli bisnis untuk mendirikan program pensiun bagi pemilik dan karyawan, dan yang paling sering diabaikan oleh pemilik, dan menciptakan business plan yang realistis.

10. Alasan kesepuluh adalah membeli dan menjual rumah
Sebuah rumah biasanya adalah pembelian terbesar dalam keluarga, dan menghasilkan banyak pertanyaan yang bisa dijawab oleh perencana keuangan independen. Apakah jenis KPR? Untuk berapa lama? Berapa banyak yang harus saya pinjam? Apa konsekuensi pajak? Haruskah saya bayar cash?

11. Alasan kesebelas adalah kematian pasangan
Terlalu sering suami atau istri yang baru ditinggal mati pasangannya, terburu-buru membuat keputusan penting keuangan jangka panjang yang melibatkan asuransi, investasi dan rencana pensiun. Padahal, di saat penting seperti itu, mereka membutuhkan nasehat yang positif dari perencana keuangan.

12. Alasan kedua belas adalah sumbangan sosial
Sebuah keluarga yang berkelimpahan harta mungkin ingin membuat sumbangan besar untuk satu atau lebih badan amal favorit. Gunakan financial planner yang bisa membantu anda memberikan konsultasi supaya sumbangan anda tepat sasaran.

13. Alasan ketiga belas adalah asuransi
Jika seorang agen asuransi menjual asuransi, financial planner justru membantu anda menganalisis kebutuhan asuransi anda dalam kaitannya dengan kondisi keuangan dan tujuan hidup Anda secara keseluruhan.

14. Alasan yang keempat belas adalah warisan
Lembaga perencana keuangan independen bisa membantu Anda menyusun daftar warisan dan ahli waris. Anda tetap masih perlu pengacara untuk draft dokumen, tetapi financial planner dapat menempatkan dokumen-dokumen dalam konteks situasi keuangan Anda dan visi Anda tentang bagaimana Anda ingin warisan ini dibagikan kepada yang berhak.

Semoga penjelasan di atas bisa menjawab sebagian besar dari pertanyaan Bapak Wawan, sekiranya masih ada pertanyaan silakan menghubungi kami lewat email di atas. Nantikan kami setiap Senin di Harian Umum Pikiran Rakyat Bandung.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Primoney Financial Planner Bandung -