Posted by : Unknown Monday, February 25, 2013

Tanya:

Saya sudah lama tertarik untuk berprofesi sebagai independent financial planner. Kebetulan saya adalah pembaca setia Kolom Konsultasi Keuangan PR, dan saya pernah membaca kelas basic financial planning akan diadakan oleh pengasuh kolom ini di Bandung.
Apakah saya bisa mendapatkan informasi tambahan tentang kelas ini? Dan apa saja materi yang akan diberikan selama kelas berlangsung?

Terima kasih atas jawaban pengasuh kolom

Ratna K. - Cimahi

Jawab:

Halo Bu Ratna, terima kasih atas pertanyaan yang Anda sampaikan di kolom ini. Terus terang saja, Bandung masih kekurangan Independent Financial Planner, dan profesi ini akan menjadi trend di masa depan, karena masyarakat kita sudah mulai melek financial.

Kami memang pernah mengumumkan tentang kelas basic financial planning, dan alhamdulillah, jadwal kelas basic sudah muncul dan peserta yang terkumpul sudah sekitar 20 orang. Rencananya kelas ini akan dimulai tanggal 23 Maret sampai 13 April 2013, setiap hari Sabtu selama 4 kali pertemuan. Kelas dimulai pukul 8 pagi sampai 5 sore, dan untuk lebih jelasnya bisa menghubungi email primoney di atas.

Maksimum peserta kelas basic kami batasi sampai 40 orang saja, dan kami berharap peserta benar-benar serius belajar, karena sekali lagi, Bandung dan Jawa Barat masih perlu banyak sekali independent financial planner yang bersertifikat resmi.

Mengapa penting untuk melek financial? Karena kita harus waspada terhadap inflasi, yang diawali dengan kenaikan harga dan biaya. Contohnya setiap tahun, biaya pendidikan anak semakin mahal, harga properti juga semakin tinggi, sedangkan penghasilan kita mungkin hanya pas-pasan.

Materi pembahasan perencanaan keuangan di kelas basic sudah cukup lengkap, seperti yang kami sampaikan di bawah ini:

Materi minggu pertama: basic financial planning (1,5 jam), proses perencanaan keuangan (1,5 jam), pengumpulan data lewat lembar pertanyaan & profil resiko (1,5 jam), analisis arus kas dan manajemen utang (1,5 jam), dana darurat (1,5 jam)

Di minggu pertama ini, peserta akan mendapatkan ilmu-ilmu dasar perencanaan keuangan, beserta proses bagaimana mengumpulkan data dari klien dan menganalisis kesehatan keuangan dari klien. Selain itu peserta juga akan dibekali dengan pengetahuan tentang dana darurat.

Materi minggu kedua: time value of money (1,5 jam), rencana pensiun (1,5 jam), dasar-dasar asuransi jiwa (3 jam), dasar-dasar asuransi umum (1,5 jam)

Pada minggu kedua, peserta dibekali dengan ilmu tentang dana pensiun dan rencana pensiun yang baik, kemudian juga ada pembekalan tentang asuransi jiwa dan umum, bagaimana cara memilih asuransi yang tepat dan membedakan antara asuransi murni dan unit link.

Materi minggu ketiga: produk investasi (1,5 jam), stock analysis (1,5 jam), bonds analysis (1,5 jam), reksadana (3 jam)

Pada minggu ini, peserta akan diberikan ilmu pengetahuan tentang saham, obligasi, dan reksadana.

Materi minggu keempat: estate planning (1,5 jam), plan structure (1,5 jam), kuis (multiple choice dan case study) (2 jam), simulasi investasi (1,5 jam)

Di minggu keempat ini, peserta akan dibekali dengan ilmu tentang warisan, dan teknik menulis bookplan, kemudian ada kuis dan simulasi investasi sebelum kelas ditutup.

Kemudian peserta juga harus menyerahkan tugas akhir berupa dummy dari 2 soal perencanaan keuangan. Semuanya ini harus diselesaikan dengan baik, untuk bisa lulus dan mendapatkan sertifikat basic financial planning yang diterbitkan oleh IARFC Jakarta.

Bagi peserta yang lulus kelas basic, bisa melanjutkan ke kelas intermediate, dengan sertifikat langsung dari Amerika.

Semoga jawaban kami jelas, dan semoga teman-teman yang tertarik untuk menekuni profesi independent financial planner dapat ikut kelas ini, supaya kuota planner di Bandung bisa terpenuhi segera.

Pimpim Ardiwinata RFA (Registered Financial Advisor).

{ 4 comments... read them below or Comment }

  1. Setelah membaca pertanyaan dari Bu Ratna K dari Cimahi dan Jawaban dari pengasuh kolom tentang independent financial planner, saya sangat tertarik untuk ikut kelas basic financial planning di Bandung. Apakah masih ada kelas yang akan diselenggarakan lagi dalam waktu dekat?
    Terima kasih banyak.
    Poppy Susiani H, Jatinangor-Sumedang

    ReplyDelete
  2. Setelah membaca pertanyaan dari Bu Ratna K dari Cimahi dan Jawaban dari pengasuh kolom tentang independent financial planner, saya sangat tertarik untuk ikut kelas basic financial planning di Bandung. Apakah masih ada kelas yang akan diselenggarakan lagi dalam waktu dekat?
    Terima kasih banyak.
    Poppy Susiani H, Jatinangor-Sumedang.

    ReplyDelete
  3. rencana bulan Mei ada lagi mbak :) silakan kirim permintaan formulir registrasi ke sales@primoney.biz

    ReplyDelete
  4. mbak Poppy kelas basic akan dimulai tanggal 25 Mei 2013. Silahkan segera daftar apabila berminat.

    ReplyDelete

- Copyright © 2013 Primoney Financial Planner Bandung -